logo bawean

on . Hits: 670

Webinar yang Membuat Hati Berbinar

WEBINAR1

 

Bawean | pa-bawean.go.id

Di tengah Pandemi global Covid-19 dan PSBB yang masih berlaku di pulau Bawean, ada kegiatan yang dapat membuat hati berbinar-binar 4 (empat) pegawai Pengadilan Agama Bawean, yaitu Webinar Kiat Menulis Berkualitas yang diselenggarakan oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. (26/06).

Jagat dunia maya sekarang sedang Booming dengan yang namanya Webinar atau Web Seminar. Dengan menggunakan aplikasi tertentu semisal Zoom, Skype, Google Meet sekarang masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mengadakan pertemuan virtual secara massal hingga puluhan sampai ratusan orang melalui sambungan internet.

Tren ini diikuti oleh Badilag dengan mengadakan Webinar yang dikemas dalam acara Bincang Virtual Bersama Redaktur Majalah Peradilan Agama. Tema Kiat Menulis Berkualitas diangkat pada sesi pertama Webinar kali ini. Rencananya ada sekitar 11 tema yang akan dibahas secara bergilir oleh Tim Redaktur Majalah Peradilan Agama.

Sekitar pukul 15 .15 WIB, webinar dimulai dan dipandu oleh Abdul Halim, S.HI., M.H. (alumni hakim PA Bawean). Pada kesempatan ini, Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., sebagai Keynote Speaker menyampaikan apresiasi-nya kepada 304 peserta Webinar yang antusias mengikuti kegiatan Webinar ini.

Dirjen Badilag berpesan semangat belajar dan berinovasi pegawai peradilan agama tidak boleh padam ditengah Pandemi Covid-19. Mengikuti kegiatan Webinar ini adalah salah satu bukti bahwa kita tetap mau belajar dan mengembangkan diri.

Badilag sendiri dalam kurun beberapa bulan terakhir berhasil membuat 4 (empat) inovasi dalam upayanya memberikan pelayanan prima kepada stake holder-nya. Inovasi tersebut antara lain : 1. PTSP Online dan Call Center Badilag; 2. VISION (Virtualisasi Surat Ijin Online); 3. Aplikasi Validasi Akta Cerai; dan terakhir 4. Aplikasi Gugatan Mandiri.

Materi pengantar disampaikan oleh Drs. Arief Hidayat,S.H., M.M. (Sesditjen Badilag) yang menjelaskan tujuan Webinar ini diselenggarakan. Menurut Arief Hidayat, Webinar ini diselenggarakan, antara lain : 1. Memperkenalkan eksistensi Majalah yang dimiliki Badilag; 2. Mendekatkan tim redaktur majalah kepada warga peradilan; 3. Menggugah semangat warga peradilan agama untuk menulis; 4. Juga sebagai persiapan regenerasi atau ajang rekruitmen calon redaktur majalah.

Webinar sesi pertama ini menampilkan 4 (empat) orang pemateri, yaitu : 1. Achmad Cholil, S.Ag., S.H., LL.M. (Kilas Balik Majalah Peradilan Agama); 2. Rahmat Arijaya, S.Ag., M.Ag., (Pengelolaan Publikasi Lembaga); 3. Ade Firman Fathony, S.HI., M.SI., ( Tips dan trik untuk menjadi Penulis ) ; dan terakhir 4. H. Achmad Fauzi, S.HI., (Rukun Iman Menjadi Penulis dan Menulis Opini).

Direncanakan ada 11 topik beserta 11 pemateri Tim Redaktur Majalah Peradilan Agama yang siap membagikan ilmu menulis kepada peserta yang akan mengikuti webinar yang diselenggarakan Badilag.

Berikut ini nama-nama pematerinya : 1. Arief Hidayat (Jurnalisme Travelling); 2. Achmad Cholil (Teknik Memilih Tema dan Laporan Utama, serta Karya Ilmiah); 3. Sugiri Permana (Teknik Menulis Karya Ilmiah dan Buku Elektronik); 4. Ahmad Zaenal Fanani (Analisis Judex Juris); 5. Rahmat Arijaya (Pengelolaan Publikasi Lembaga); 6. Mahrus (Teknik Menulis Berita); 7. Isna Wahyudi (Analisis Judex Factie); 8. Achmad Fauzi (Menulis Opini); 9. Ade Firman Fathony (Menulis Populer); 10. Edi Hudiata (Teknik Meresensi Buku) dan terakhir 11. Alimuddin (Teknik Menulis Biografi).

Di akhir kegiatan, panitia menyampaikan tugas kepada peserta Webinar untuk menulis tentang Raihan Prestasi dan Kinerja serta kemajuan Ditjen Badilag Yang Telah Dicapai Selama Masa Periode  Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Bahkan ada tugas tambahan bagi peserta yang berminat bergabung menjadi tim redaktur Majalah Peradilan Agama, yaitu menulis dengan memilih salah satu tema diantara 4 (empat) tema, antara lain : 1. Peradilan Modern Berbasis e-Court; 2. Kiat Implementasi 11 Aplikasi Badilag; 3. Menulis Berita Tentang Meeting Zoom hari ini; 4. Resensi salah satu buku yang dipilih Tim Redaktur Majalah Peradilan Agama.

 buku tugas

Panitia Webinar sudah menyiapkan E-Sertifikat Webinar kepada 4 (empat) pegawai Pengadilan Agama Bawean dan juga 300 peserta webinar lain. Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, peserta yang semangat mengikuti sesi-sesi selanjutnya akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil sesuai topik yang diminatinya.

Tim redaktur pa-bawean.go.id

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Pendukung

       pengaduan        simari        komdanas 

       dirput        sikep        abs

       lpse        jdih        perpustakaan

Kuesioner Kepuasan dan Pelayanan

       Kuisioner Kepuasan Masyarakat        Kuisioner Persepsi Korupsi        Kuisioner Pelayanan Masyarakat

  • PTSP
  • E-court & Gugatan Sederhana
  • Pencanangan ZI

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA BAWEAN

Jl Masjid Jami' No.03 Sangkapura, Bawean Gresik

0325-421005

0325424269

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jam Pelayanan

Jam Kerja

Senin-kamis : 07.30 - 16.00 WIB

Jum’at: 07.00 - 16.00 WIB

Jam Pelayanan

Senin-kamis : 08.00 - 16.00 WIB

Jum’at: 07.30 - 16.00 WIB

Jadwal Sidang

Senin-Kamis : 09.00 – Selesai

Pelayanan yang terkait dengan PNBP mengikuti jam layanan Bank

Pengadilan Agama Bawean@2020