Profil Pejabat & Pegawai

Posbakum Pengadilan Agama Bawean

POSBAKUM PENGADILAN AGAMA BAWEAN 

 

Pengadilan Agama Bawean kini secara resmi telah memiliki Pos Bantuan Hukum. Pos bantuan hukum di Pengadilan Agama Bawean yang kemudian lebih dikenal dengan singkatan POSBAKUM di selenggarakan dengan bekerjasama antara Pengadilan Agama Bawean dengan Lembaga Bantuan Hukum STAIHA Bawean. Kemudian, biaya oprasional yang timbul dalam pelayanan posbakum di bebankan pada anggaran DIPA pengadilan Agama Bawean 2018. Adapun Lokasi posbakum Di Pengadilan Agama Bawean terletak di sisi bagian utara ruangan pendaftaran perkara dengan jam oprasional dimulai pukul 08.00 am sampai pada pukul 12.00 pm.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu Hakim di Pengadilan Agama Bawean yatiu YM. M. Saifuddin, S.HI, bahwa adanya posbakum ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses dan medapatkan layanan hukum. Pernyataan ini sejalan dengan tujuan adanya posbakum di setiap lingkungan pengadilan berdasarkan Perma Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan.

Pelayanan yang diberikan posbakum di Pengadilan Agama Bawean dapat berupa pembuatan surat gugatan bagi para pencari keadilan yang hendak berperkara. Pelayanan tersebut bersifat gratis, sehingga masyarakat bawean tidak di pungut biaya sama sekali dalam memperoleh pelayana bantuan hukum. Pihak pihak yang berhak memperoleh pelayanan POSBAKUM berdasarkan pasal 22 ayat (1) perma no 1 tahun 2014 yaitu setiap orang atau kelompok yang tidak mampu secara ekonomi dan/ atau tidak memiliki akses pada informasi dan konsultasi hukum yang memerlukan layanan berupa pemberian informasi, konsultasi, advis hukum, atau bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan. Adapun persaratan yang harus dibawa ialah Surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat keterangan tunjangan lainnya seperti Kartu keluarga miskin atau apabila tidak memiliki keduanya maka pemohon layanan posbakum dapat membuta surat pernyataan tidak mampu membayar jasa advokat yang dibuat dan ditanda tangani oleh pemohon layanan posbakum. Dibukanya posbakum di Pengadilan Agama Bawean diharapkan dapat membantu masyarakat bawean dalam menuntut hak-haknya dengan smenjalankan proses hukum di Pengadilan Agama Bawean.